BLANTERVIO103

5 Langkah Cara Cepat Memperbaiki Error Topology pada Arcgis

5 Langkah Cara Cepat Memperbaiki Error Topology pada Arcgis
10/26/2019


Cara Cepat Memperbaiki Error Topology ala Lapak GIS

5 Langkah Cara Cepat Memperbaiki Error Topology pada Arcgis
Topology adalah konsep yang sangat fundamental dalam GIS. Semua praktisi GIS pasti sangat setuju betapa pentingnya topology dari data spasial. Namun seringkali dalam praktik, topology tidak diperhatikan dengan baik. Sebagai akibatnya data spasial yang dihasilkan dari proses GIS tidak memiliki kualitas yang baik. 

Untuk menjelaskan apa itu topology, dapat dilakukan dengan memberikan gambaran kondisi jika terjadi error topology, misalnya dangle, overshoot, gap, atau overlap seperti tampak pada gambar berikut.

Cara Cepat Memperbaiki Error Topology ala Lapak GIS
Gambar Beberapa kesalahan topology

Pada banyak kasus, kondisi pada Gambar diatas mungkin tidak akan menimbulkan masalah karena kecilnya kesalahan topology. Tetapi dari segi konsistensi data, tentu kesalahan topology akan mengakibatkan implikasi yang cukup signifikan. 

Dangle akan menyebabkan panjang line tidak konsisten dan error pembuatan rute karena kedua garis dianggap tidak menyambung. Overshoot pun akan mengakibatkan hal yang sama karena meskipun secara visual terlihat kedua garis berpotongan, secara matematis, kedua garis tersebut tidak menyambung dan tidak dapat `dilalur dalam pembuatan route. Gap akan menyebabkan jumlah luasan lebih kecil dari luasan yang seharusnya serta adanya areal yang tidak bertuan, sedangkan overlap akan mengakibatkan dampak yang sebaliknya.

Maka dari itu mimin ingin berbagi cara paling cepat untuk bisa Memperbaiki Error Topology tersebut, ingat ya ini ala Lapak GIS, jika ada kekurangngan dan ingin menambahkan silahkan komentar ya. Secara prinsip cara ini sangat mudah sekali yang penting teman-teman paham konsep geoprosesing. Caranya akan mimin sertakan videonya karena agak sangat panjang jika dijabarkan dengan tulisan, berikut inti alur konsepnya:
  1. Overlay (UNION) dengan SHP lain tapi tidak ada lobang sama sekali
  2. Seleksi fitur yang terindikasi masalah berdasarkan luas area pasti kelihatan dengan menggunakan QUERY
  3. Setelah terseleksi menggunakan query, lakukan Eliminate (eliminasi)
  4. Lakukan eliminasi 2-3 kali untuk memastikan fitur yang bermasalah benar-benar hilang
  5. Jika ada fitur yang overlap silahkan di explode dulu lalu lakukan clip atau bisa juga dengan tools delete identity
Cuma 5 langkah itu cara sederhana dan cepat untuk mengatasi error topology. Salah satu efek dari error topology adalah tidak bisa dilakukan proses clip atau pemotongan terhadap fitur tersebut. Baiklah untuk mempersingkat silahkan lihat VIDEO tutorial Lapak GIS dibawah ini.


Baca Juga:
1. Cara Membuat Label Garis Kontur Mayor-Minor pada Arcgis
2. Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Cepat Memperbaiki Error Topology pada Arcgis. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774