BLANTERVIO103

Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic

Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic
12/03/2019


Cara Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic pada Arcgis

Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic
Tool Construct Geodetik adalah tool yang dapat digunakan untuk input koordinat dalam bentuk trayek ukur (jarak dan azimuth). Kelebihan tool ini adalah dapat diatur supaya trayek ukur yang dibuat memperhatikan kelengkungan bumi.

Tool construct geodetic ini sangat bermanfaat untuk plotting hasiI survey dengan jumlah data yang tidak terlalu banyak. Hasil survey berupa koordinat titik ikat dan jarak-azimuth titik-titik selanjutnya dapat langsung diisikan dalam form tool construct geodetic.

Dengan menggunakan data survey pada contoh gambar dibawah ini, teman-teman dapat langsung input koordinat titik awal (Titik 1) dan jarak-azimuth titik-titik selanjutnya menggunakan tool construct geodetik seperti pada langkah-langkah berikut:

Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic


  1. Aktifkan sesi editing pada sebuah fitur line
  2. Klik tool construct geodetic pada toolbar Advanced editing
  3. Pilih template (template = layer yang sedang diedit)
  4. Tentukan tipe konstruksi. Terdapat beberapa pilihan yaitu geodesic line, geodesic circle, geodesic ellipse, great elliptic, loxodrorne. Untuk keperluan plotting survey pilih geodesic line.
  5. Isikan koordinat titik START (XY) dengan angka X=702901 dan Y=9261556
  6. Pilih metode plotting, apakah coordinate atau distance-direction. Untuk keperluan plotting misalnya dipilih distance-direction yang berarti titik-titik selanjutnya diplot berdasarkan jarak dan azimuth.
  7. Isikan jarak ke Tititk 2 yaitu 353 m. Jangan lupa atur satuan jarak dengan Klik pada tanda panah kecil di sebelah kotak pengisian direction.
  8. Isikan azimuth ke Titik 2 yaitu 8 derajat
  9. Klik add untuk membuat segmen pertama (Titik 1 — Titik 2)
  10. Lakukan langkah 7 — 9 di atas untuk Titik 3 — Titik 5 beberapa kali hingga segmen terakhir (Titik 4 — Titik 5) dengan jarak 326 dan azimuth 24
  11. Klik create untuk membuat fitur


Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic


Catatan: Tool construct geodetic berhubungan dengan data azimuthyang secara default ArcGIS menggunakan tipe perhitungan azimuth POLAR. Ganti tipe arah tersebut menjadi North Azimuth. Jika terdapat kesalahan input maka perlu diulang untuk keseluruhan. Itulah sebabnya tool ini tidak cocok untuk input data hasil survey dengan jumlah data yang banyak. Sebagai alternatif, gunakan pengolahan data dengan MS Excel atau dengan tool COGO.

Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic

Baca Juga:
1. DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia
2. Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Plotting Hasil Survei dengan Tool Construct Geodetic. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774